Passion and Spirit

Passion and Spirit
Antara nyata dan maya

Kamis, 30 Januari 2014

Sharing Pengalaman Seleksi MDP/JST Apotik K-24

Yey~ ngeblog lagi... Hahaha~... Entah kenapa, lagi keinget masa-masa fresh graduate dolo, pas jaman pusing-pusingnya cari kerja. Eum~,,, mau share tentang pengalaman seleksi MDP/JST Apotik K-24. Waktu itu, aku pengen keterima posisi ini, selain karena Apotik K-24 adalah salah satu perusahaan retail obat-obatan yang cukup mumpuni dan berkembang pesat, tapi juga karena domisili pusat K-24 ada di Jogja, trainingnya di Jogja, kampung halaman ane. Hehe~


Seperti program sejenis, MDP/JST di Apotik K-24 adalah salah satu program perusahaan ini untuk mendidik para lulusan baru untuk menduduki sebuah posisi di dalam manajerial, yang kemudian diharapkan bisa menjadi seorang Area Manager.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melamar, sebenernya ane agak lupa-lupa ingat. Kalau gak salah sih syarat utamanya : Semua jurusan dengan IPK 2,8, usia maksimum 28 tahun, bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, bersedia mengikuti ikatan dinas 4 tahun dengan penjaminan ijazah. Buat mastiin, search google buat cari info lainnya lagi deh, atau liat langsung pas ada iklan lowongannya... Hehehe~
 

Tahapan seleksi yang harus dilakukan sebelum diterima sebagai peserta training MDP/JST K-24 adalah :

1. CV Screening
Sama kayak perusahaan yang lain. Ini semacam tahapan administrasi, dengan melihat berkas lamaran kita, apakah sudah sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan sebagai calon peserta MDP/JST K-24.

2. 1st Interview (sama HRD)
Interview awal dengan HRD. Sebelum interview, akan dilakukan profile company tentang perusahaan ini, dan penjelasan tentang posisi MDP/JST beserta karir kerjanya. Ini sekedar interview awal, mengenali diri kita tu kayak gimana, perkenalan diri lah. Tapi ada juga semacam studi kasus yang ditanyakan, cukup sulit, tapi masih terhitung pertanyaan yang bisa dijawab dengan penalaran dan logika (apalagi kalau terbiasa berorganisasi).

3. 2nd Interview (Panel Interview)

Interview dengan 3-4 orang dari jajaran direksi. Jujur saja, gak terlalu menegangkan, beliau-beliau justru ramah lho. Pertanyaan yang diajukan seputar tentang diri kita, kesibukan kita, pengalaman kerja kita kalau ada, kemampuan kita terutama dalam berorganisasi, dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaannya bener-bener lebih mendalam ketimbang pertanyaan dari HRD. Tapi, rilex aja, enak kok. Yang penting, motivasi kerja untuk bergabung sangat kuat dan meyakinkan.

4. FGD (Focus Group Discussion)
Kalau aku dulu dibagi dalam 2 sesi.
Sesi pertama FGD normal, kita tergabung dalam sebuah grup FGD kemudian berusahan memecahkan sebuah kasus yang sedang dihadapi. Tentunya kasusnya berkaitan dengan bisnis retail K-24. Setelah FGD dalam 1 grup, hasil dipaparkan di depan untuk didebatkan dengan grup yang lain secara bergantian tiap grup.
Sesi kedua FGD adalah sesi individu. Kita dikasih pertanyaan, dijawab dalam sebuah kertas, dan kemudian dipresentasikan di depan untuk didiskusikan. Jadi bakal ada banyak tanya jawab di situ.
Oh ya, HRD atau direksi juga hadir disitu. Tidak hanya sebagai tim pemantau dan penilai, tapi juga bisa memberikan tanya jawab pada sesi tanya jawab, entah itu pada saat FGD dalam grup atau saat presentasi individu.

5. Test Psikologi
Karena gak lolos FGD, aku jadi gak bisa cerita apa-apa.. Hehehe~

6. Final Interview
Wawancara bersama Direktur utama nya, Bpk. Gideon kalau gak salah namanya...
Sama kayak keterangan di point 5 sebelumnya, karena gak lolos FGD, aku jadi gak bisa cerita apa-apa.. Hehehe~

Sekian ceritaku. Semoga dapat bermanfaat, memberi sedikit gambaran bagi fresh graduate yang ingin mendaftar sebagai calon MDP/JST Apotik K-24.

Semangat !!!

1 komentar: