Passion and Spirit

Passion and Spirit
Antara nyata dan maya

Jumat, 31 Januari 2014

Sharing Pengalaman Seleksi MT Alfagroup

Kali ini, aku mau sharing tentang pengalaman waktu masih jadi jobseeker, waktu masih pusing cari kerja dan dikejar oleh umur... Wwkwkwk~ Sebelumnya, tak pernah terpikirkan olehku bisa mendaftar di sebuah perusahaan retail. Tapi, karena ada posisi MT (Management Trainee), akhirnya mencoba peruntungan untuk mendaftar. Maklumi saja, jaman sekarang cari kerja itu bener-bener susah banget. Harus brani ambil setiap kesempatan dan menanggung segala resikonya, demi sebuah pengalaman ataupun karir masa depan.


Dan, kali ini, aku mau sharing tentang pengalaman seleksi kerja di Alfa Group, pada posisi MT.
Pertamanya ndaftar di booth dalam sebuah acara job fair. Itu booth, penuh atribut berbau ALfamart, jadi ya aku pikir ini lowongan kerja buat masuk Alfamart sebagai MT. Tapi ternyata, pas dipanggil, ketulisnya Alfamidi. Jujur, waktu itu aku gak ngerti Alfamidi itu yang mana. Dan akhirnya datang juga buat ikut tahapan seleksi.
 
Sebelum tahapan seleksi dimulai, dijelasin tentang company profile. Ternyata emang ndaftarnya Alfamidi, bukan Alfamart, aku pikir Alfamart. Alfamidi dan Alfamart itu satu grup : ALfa Group. Di dalam grup itu di dalemnya ada Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, dan Lawson.
Ya apapun itu, jalani saja.

1. CV Screening
Syaratnya kalau gak salah inget sih, Semua Jurusan S1 dengan IPK 3.00. Udah agak lama, jadi agak-agak lupa. Tapi waktu itu, aku cuma entri nama sama nomor HP doank di booth (maklum rame banget), trus gak pake cing-cong lagi, langsung dikasih sebuah kertas yang isinya jadwal dan lokasi tes. Wow, instant juga.

2. Psikotest dan Kraeplin/Pauli
Sebelum psikotest dimulai, dikasih penjelasan tentang perusahaan (seperti yang aku sebutin di atas). Pokoknya company profile lengkap. Sambil mengisi formulir dari mas-mas HRD.
Psikotest cukup lama. Banyak itungan, verbal, logika, dan sebagainya. Abis tu ada tes Kraeplin atau Pauli (aku lupa yang mana, hehehehe).
Yang lolos diminta untuk tinggal, yang gak lolos jadinya meninggalkan ruangan.

3. FGD

Di hari yang sama, langsung FGD bersama orang-orang yang tersisa. Materi FGD nya tentang permasalahan dunia retail. FGD normal kayak FGD yang lainnya. Jadi ya, selamat menikmati dan do the best aja. :D

4. Wawancara HRD
Di hari yang sama juga, wawancara dengan HRD. Wawancara meliputi tentang diri kita, keseharian kita, kesibukan kita, pengalaman-pengalaman kita, tentang kuliah kita, dan sebagainya.
Kalau lolos tahapn ini, akan dihubungi buat mengikuti wawancara akhir.

5. Wawancara Akhir
Setelah berminggu-minggu, akhirnya dapet pengumuman untuk mengikuti wawancara akhir di kantor cabang (kalau dalam kasus ku sih, di Klaten). Wawancara gak jauh berbeda dengan wawancara HRD, tapi jelas lebih mendalam dan lebih banyak pertanyaan yang banyak yang bilang "pertanyaan menjebak". Gak ada yang bisa diceritain lagi, soalnya wawancara itu jelas sebuah pertanyaan dan jawaban yang berbeda dari tiap orang. Yang penting slalu siap aja dan bertanggung jawab dengan jawabannya. AKu sempet tanya, apa pasti di Alfamidi, dijawabnya sih nggak. MT nya terhitung Alfagroup, ntar bisa di Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, atau Lawson. Jelas lah, aku milih Lawson. Maklum aku penggemar jepang-jepangan. Hehehe~
Kalau lolos tahapan seleksi ini, maka akan diumumkan segera.

Bener aja, gak ada seminggu dapet SMS yang intinya aku lolos seleksi dan ditetapkan lolos sebagai MT Alfa Group. Urusan tanda tangan kontrak, jadwal dan lokasinya akan diumumkan menyusul. Dan,,, 2 minggu kemudian, belum ada kabar. Aku coba hubungi kontaknya, dan katanya disuruh sabar menunggu, karena mereka juga menunggu pengumuman dari pusat.
Setelah sekian lama menunggu, akhirnya malah udah keterima di perusahaan lain. Ya sudah, aku ambil kesempatan kerja di perusahaan tersebut.
Yaa... inilah yang namanya kehidupan, selalu ada jalan belokan yang tak terduga...

Ganbatte for life !! :D

3 komentar:

  1. biasanya perusahaan besar akan lama soal penerimaan pegawai. bisa berbulan-bulan lah. bner sih daripada nunggu yah gak? menginspirasi banget ceritanya, share dong disini http://goo.gl/NqElNy

    BalasHapus
  2. Iya... kadang emang lama...
    Kalau cari kerja emang harus brani ambil resiko... ya beginilah jadinya...
    hehehe

    BalasHapus
  3. mas. dulu yang mau nunggu wawancara akhir itu berapa lama ya setelah wawancara hrd?

    BalasHapus