Passion and Spirit

Passion and Spirit
Antara nyata dan maya

Selasa, 20 Agustus 2013

Kekuatan Kaskus Bagi Para Pencari Kerja

Memasuki dunia "pengangguran" setelah lulus kuliah/sekolah merupakan hal wajar. Di sini lah awal mula tantangan hidup yang sebenarnya. Istilah "jobseeeker" tak bisa dihindari lagi. Suka dan duka terjadi, manis dan pahit dialami, penuh tantanga, emosi, greget, usaha, dah lengkap dah dialami pas menjadi jobseeker. Banyak pengalaman seru dan unik terjadi.


Disini aku mau cerita tentang manfaat kaskus bagi pencari kerja (bisa positif, bisa negatif, tergantung bagaimana ente-ente melihat nya gan~ :D ). Tau kan situs kaskus ?? Forum terbesar di Indonesia. Yang gak tau, lihat DI SINI gan. Atau klik gambar logo di bawah.

Logo KasKus

Aku tidak berniat provokatif atau propaganda dalam penulisan entry ini. Hanya sekedar share pengalaman pribadi. Pertimabangan tiap pribadi, tetap saja kembali ke arah pribadi masing-masing. Jadi, jangan terlalu diambil pikir / hati atau malah jadi pusing trus bunuh diri. :bata:

Di saat kita mau nglamar kerja di suatu posisi yang disediakan oleh suatu perusahaan, sebut saja PT. Maju Gak Kena Mundur Kena Lalayeyeye, mungkin saja kita tidak tahu dengan jelas tentang posisi tersebut. Sekalipun pas ndaftar kita udah cari tau, pas proses seleksi kita dikasih company profile (maybe), atau pas tengah-tengah seleksi / wawacara kita udah tanya sama Pak HRD atau yang lainnya. Hal itu aku rasa belum cukup, karena menurutku hal itu masih belum memperlihatkan atau merepresentasikan kondisi nyata di lapangannya kayak apa. Bisa saja kan Pak HRD atau yang lainnya itu bercerita yang baik-baik saja.
Karena aku pernah mengalami serupa, pas mau daftar perusahaan PT. Maju Gak Kena Mundur Kena Lalayeyeye dengan posisi yang sebenernya bisa dibilang cukup mapan. Posisi yang banyak dicari oleh para jobseeker. Semua nampak baik-baik saja awalnya, udah tau jobdesk nya dari mbak-mbak yang nge-follow up aku, udah di kasih tawaran gaji, penempatan, ya tinggal acc dari aku nya saja. Tapi jujur, aku sebenernya rada buta dengan detail nyata nya di lapangan.

Dari situlah awal mula iseng-isengku buka kaskus, ndaftar kaskus, dan buka thread (aku lebih suka ketik "trit" ya) tentang PT. Maju Gak Kena Mundur Kena Lalayeyeye dan kalau bisa di posisi yang sama denganku. Alhasil ketemu dan SHOCK. Apa yang agan-agan dan aganwati-aganwati share disana tentang posisi kerja itu bener jauh dari apa yang dibilang oleh mbak HRD yang dulu kasih tau saya. Bener-bener bikin shock, seolah-olah banyak pahitnya. Turn over gedhe lah, standard kerja yang bisa tiba-tiba berubah lah, dan sebagainya. Padahal PT. PT. Maju Gak Kena Mundur Kena Lalayeyeye bisa dibilang bukan perusahaan kecil-kecilan, karena sudah meliputi seluruh nusantara tercinta Indonesia Raya ini.
Emang sih, beberapa post di Kaskus bilang bagus, tapi paling nggak ada 70-80% bilang di situ suram, 10% neral dari orang yang cuma bijak (dan sok bijak) yang gak tahu-menahu, dan 10-20% sisanya opini yang bilang "baik-baik" saja.

Pengalamanku yang serupa dengan atas pun terjadi juga pas mau daftar PT. Kalau Naik Motor Jangan Sambil Telepon Nanti Nabrak Lho. Miriplah sama kasus di atas. Nglamar kerja, seleksi, dan coba iseng nanya di KasKus, dan SHOCK. Sama. :D

Buat aku sih, kerja berat gak ada masalah, penempatan dimana saja gak masalah. Asal kerja'an berat itu layak dengan imbalannya (kagak random) dan ngehargain karyawannya yang terpenting. Masalah bonus atau gaji bisa datang, asal prestasi karyawannya, buat aku sih gak masalah, malah cukup fair.

Yak, ending note di entry ini. Buat kalain para jobseeker, yang mau ngelamar di suatu posisi di suatu perusahaan tertentu, bisa deh coba tanya agan-agan atau aganwati-aganwati di KasKus yang udah punya pengalaman di situ. Bukan sebagai bahan mempengaruhi, tapi bisa deh sebagai bahan pertimbangan.
Yak, kembali ke prolog di atas, masalah ini, kembali ke pribadi masing-masing ya, tiap orang pasti punya durability yang berbeda-beda terhadap suatu masalah.

Sekian ~ dan GOOD LUCK !!!
NB : Jangan di bata ya gan, kalau berkenan, kasih cendol aja. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar