Passion and Spirit

Passion and Spirit
Antara nyata dan maya

Jumat, 16 Agustus 2013

Malam Tirakatan Kemerdekaan RI

16 Agustus 2013. Tak terasa, ini adalah malam sebelum hari kemerdekaan. Yang biasa dikenal dengan, malam tirakatan. Besok adalah hari kemerdekaan Indonesia ke 68.

HUT RI ke-68 (gambar dari kdri.web.id)

Apa sih sebenernya arti penting dari malam tirakatan ini ??
Apakah malam dimana kita semua bersenang-senang ?? Masuk ke dalam hiruk pikuk acara di desa / kampung ?? Malam penuh euforia ?? Malam penuh hiburan-hiburan dan pentas seni ?? Malam dimana anak kecil menanti-nanti namanya dipanggil karena memenangkan sebuah lomba 17'an ??
Atau apa ??

Mungkin banyak orang menganggap, hal tersebut di atas cuma sekedar euforia fana semata, atau malah menganggap tidak lebih dari sekedar hura-hura tanpa memaknai arti kemerdekaan sebenarnya.
Benarkah ??

Kalau menurutku sih, tidak juga.
Apa kemerdekaan harus diisi dengan "mengheningkan cipta" ?? Iya, memang harus, tapi tak ada salahnya kan diisi dengan acara menarik.
Apa malam tirakatan harus diwarnai dengan pentas seni yang cenderung budaya pop, dangdut, dan akhir-akhir ini lebih mengarah ke "modern" ?? Menurut saya, apa salahnya. Asal tidak menghancurkan nilai etika dan moral identitas bangsa ini, why not.

Malam tirakatan akan lebih berkesan jika diisi dengan apa yang disebut kegembiraan. Gembira dan gembira.
Foya-foya donk ?? Ah tidak juga. Siapa yang bilang seperti itu.

Kegembiraan akan lebih mudah diingat. Generasi selanjutnya akan terus mengingat rasa bahagia ini.
Rasa bahagia itu lebih berkesan, dan cenderung tidak membosankan. Jika mereka yang masih anak-anak sudah merasakan hal seperti ini, so sampai mereka tua pun mereka akan selalu melanjutkan tradisi ini.
Euforia kemerdekaan, euforia tirakatan, akan slalu bergema tahun ini, tahun depan, tahun berikutnya, bertahun-tahun berikutnya, berpuluh-puluh tahun berikutnya, bahkan beratus-ratus tahun.

Oke~... Aku bilang kebahagiaan, dan bukan berarti 100% tidak mengenang jasa pahlawan. Pintar-pintar saja kita dalam mengambil suatu pemikiran. Jasa pahlawan adalah suatu harga mati yang harus di kenang dan dihargai.

Di akhir kata, sesuai kata guru PPKn / Kewaganegaraan ku, entah guru SD, SMP, SMA, bahkan dosen kuliah (mungkin), isilah kemerdekaan. Kemerdekaan harus diisi dengan perjuangan kita, memberantas apa yang menjadi masalah di negara ini. Belajar lah yang rajin.
Yaaaa~ itulah kata guru PPKn ku.

Sekian. :)
MERDEKA !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar